Monday, January 30, 2012

Syair Tombo Ati 1


Diri hendak menegakkan adat... Tapi salah pula jika melawan syariat... Ajaran Agamalah yang mesti diperkuat... Agar umat tidak tersesat.

Jangan marah sekiranya disinggung... Jgn berbangga jika disanjung... Jangan selalu mempermasalahkan untung... Jangan beramal selalu mau dihitung.

Jika pulang senanglah hati... Segala bekal disediakan untuk perjalanan nanti... Waktu luang pastilah dicari-cari... Pulang yang baik jika bekal mencukupi.

Bagaimana jika pulang ke alam baka... Itu sama dgn pulang juga... Di dunia ini kita perantau semata-mata... Maka pulang jugalah kita kehadirat ALLAH Ta'ala.

Kitapun jangan mau nekat... Bekal sedikit mau plg kekampung akherat... Namun umur tak tahu kapan diangkat... Persiapan barang bekal kita haruslah berat.

Jika hidup banyak berjanji... Dengan suami istri mau hidup semati... Begitu di kubur ketika mati... Ia tidak ikut malah cari pengganti.

Perantau harus plg... Jgn lupa kampung diri seorang... Saling mengingatkanlah kita dengan senang... Jauhilah dikampung orang apa yang dipantang.

Perantau harus pulang... Tujuan dan jalan kita mesti dibentang... Perjalanan kita masih panjang... Kehadirat ALLAH kita pasti akan pulang.

Salam ya Salam... Salam berhatur memuji Khalikul Alam... Semoga ini membuat hati menjadi tentram... Perenung diri siang dan malam.

Sudah siapkah kita pulang... Jadwal keberangkatan ALLAH yg merancang... Tak peduli tua muda anak istri suami saudara sahabat akan dikenang... Sampailah jumpa jika kita berumur panjang....

Source: FB

No comments: